Sabtu, 08 Desember 2018

KEARIFAN LOKAL


MITOS MEMBUKA PAYUNG DALAM RUMAH


Ketika saya masih masih kecil, nenek saya banyak memberitahu kepada saya pantangan ataupun larangan yang ia anggap tabu dan jika kita lakukan konon akan memberikan akibat jelek bagi kita yang melakukannya, kata nenek pantangan atau larangan ini sudah menjadi tradisi dan turun temurun secara mulut kemulut serta dongeng. Tradisi pantangan ataupun larangan ini pasti ada di tiap daerah dan tentunya ini semua tergantung dari kita untuk menyikapinya,percaya atau tidak.  Pada saat sekarang mitos itu masih banyak terdengar di masyarakat saat ini dan banyak orang yang masih mempercayai itu.
Namanya juga mitos, mau percaya atau tidak, sebenarnya semua itu kembali kepada diri sendiri. Tetapi, seringkali orang justru terbius kata mitos, dan menganggapnya sebagai sebuah misteri yang makin lama makin bikin penasaran. Padahal, kalau dipikir dengan logika hal-hal yang disebut mitos itu ada penjelasannya. Sebagai manusia berpikir (homo sapiens), adalah konyol jika Anda masih percaya dengan mitos.
      Seperti hal nya memakai payung didalam rumah. bukan cuma di Indonesia,mitos ini juga di percaya oleh masyarakat Amerika. ada sebuah film, penulis lupa judulnya di mana di film itu ada adegan salah seorang keluarga melarang anggota keluarga lainnya membuka payung di dalam rumah. ketika orang itu tidak menghiraukan larangan itu, orang itupun tertimpa berbagai kesialan. dari mulai kaki yang tersandung batu dan lain-lain. membuka payung di dalam rumah sesungguhnya tidaklah jadi masalah asal di lakukan dengan hati-hati dan memastikan di sekelilingnya tidak ada keluarga lain agar ujung-ujung payung yang lancip itu tidak mengenai orang atau benda berharga di rumah. Dalam mitos ini konon katanya juga jika saat membuka payung di dalam rumah tiba-tiba ada sanak saudara yang meninggal, maka kami pastikan hal itu adalah kebetulan saja.
Membuka payung di dalam rumah tentu saja sangat mengganggu. Bayangkan saja jika rumah Anda sempit, maka payung akan membuatnya semakin tampak sempit atau bila kita membuka payung dalam rumah lalu ada orang yang lewat akan terkena orang tersebut.Belum lagi jika payungnya sedang basah, ia akan segera mengotori rumah dan membuat lantai rumah jadi basah.
Penjelasan lainnya, pada saat seseorang membuka payung di dalam rumah maka Anda akan terlihat konyol dan sedang berbuat sesuatu yang useless. Payung kan fungsinya untuk melindungi tubuh dari sinar matahari atau hujan. Kalau hanya dipajang dan dibuka saja, fungsi payung akan hilang. Kalo didalam rumah memakai payung itu tindakan yang tidak benar karena payung digunakan untuk melindungi kita dari hujan yang membasahi tubuh kita.
            hal di ini jelas mitos yang menyesatkan. karena dalam islam ucapan adalah do'a. jadi kita di perintahkan untuk berkata yang baik-baik dan yakinlah jika kita berkata yang baik maka yang baik-baik pula yang akan kita dapat, bukan malah sebaliknya.

Sumber:


1 komentar: